Minggu, 10 Juli 2011

zoonosis....apakah itu????


Zoonosis adalah penyakit yg dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan sebaliknya.
Penyebab penyakit ini adalah : bakteri, virus, parasit dan richetsia
Cara penularan :
1. Kontak langsung (kontak dg hewan pengidap zoonosis )
2. Kontak tidak langsung, misal melalui vektor, atau memakan makanan hasil dari hewan yg sakit, lewat lingkungan yg tercemar

Beberapa penyakit zoonosis di Indonesia : Rabies, Antraks, Pes, Taeniasis, Japanese Encephalitis, Flu Burung, Flu Babi, Leptospirosis, Toxoplasmosis.

Zoonosis merupakan ancaman baru bagi kehidupan manusia dunia. Fakta mengatakan bahwa zoonosis berpotensi merugikan lebih besar dari pada kerugian akibat perang.
Perkembangan zoonoisi dalam beberapa tahun terakhir menjadi tanda akan hadirnya ancaman yg mematikan bagi umat manusia, jika tidak dikendalikan secara komprehensif maka perubahan pola zoonosis dapat terus muncul dan menyebar melintasi batas wilayah.
Wabah zoonosis tidak lepas dari kedekatan antara manusia dengan hewan kesayangannya. Kehidupan manusia sulit dilepaskan dari kehidupan hewan. Manusia memerlukan hewan sebagai teman bermain, bekerja dan keperluan lainnya. KEDEKATAN DENGAN HEWAN TSB DAPAT MENULARKAN PENYAKIT.

Kasus Flu Burung yang mematikan ( dari 177 kasus yg ada di indonesia 146 diantaranya meninggal ....berita WHO 13 Mei 2011) adalah bukti bahwa zoonosis sangat perlu untuk diwaspadai.

AWAS WASPADA PANDEMI FLU BURUNG

Upaya yg dapat dilaksanakan dalam mencegah kasus zoonosis :
1. Usahakan tidak kontak langsung dengan hewan atau kurangi kontak dengan hewan piaraan
2. Jangan biarkan hewan piaraan berkeliaran di dalam rumah
3. Cuci tangan dengan sabun setelah kontak dengan hewan piaraan dan produknya.
4. Makanlah produk hewan yang sudah matang JANGAN MAKAN PRODUK HEWAN YG SETENGAH MATANG APALAGI MENTAH DENGAN ALASAN APAPUN
5. Cari perawatan segera jika anda menderita demam, sakit pada dada setelah kontak dengan unggas/hewan piaraan. Jangan mengobati sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar